Perusahaan
jasa adalah perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan.
kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas
produksi maupun konsumsi. Jasa yang dihasilkan bersifat abstrak tapi bisa
dirasakan manfaatnya oleh konsumen. Misalnya perusahaan jasa telekomunikasi,
transportasi, dan reparasi.
Perusahaan jasa mempunyai
karakteristik sebagai berikut.
1. 1. Jasa yang Dihasilkan Bersifat
Abstrak (Intangible)
Salah satu ciri penting dari
perusahaan ini adalah keabstrakan dari jasa yang dihasilkan. Namun walaupun
abstrak jasa ini bisa dirasakan manfaatnya oleh para konsumen. Contohnya jasa
dokter.
2. 2.
Jasa yang Diberikan Tidak Seragam (Heterogen)
Dalam perusahaan jasa masing-masing konsumen
bisa memperoleh jenis pelayanan yang berbeda antara yang satu dengan yang lain.
Misalnya bengkel, teknisi bengkel akan memperbaiki mobil di mana ditemukan
kerusakan. Bila mobil Amir yang rusak adalah bagian kemudi maka bagian kemudi
yang diperbaiki, bila mobil Banu rusak di bagian kopling maka pada bagian
kopling mobil Banu diperbaiki.
3.
3. Jasa yang
Dihasilkan Tidak Dapat Disimpan (Unsaveable)
Berbeda dengan barang yang apabila
dalam penggunaannya masih tersisa maka sisanya akan bisa disimpan untuk dapat
digunakan di masa yang akan datang, jasa tidak dapat disimpan. Sekali dibeli
maka akan segera habis penggunaannya, tidak bisa disimpan untuk penggunaan
berikutnya. Contoh tiket kereta api, sekali dibeli maka harus dipakai, jika
tidak dipakai pada tanggal yang tercantum, maka tiket tersebut tidak berlaku
lagi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.