Senin, 20 November 2017

MENCATAT SALDO AWAL DALAM MYOB


Berikut cara mengentri saldo awal dalam MYOB yang diambil dari berbagai sumber..semoga bermanfaat...

1.    Saldo Awal Akun 
Ø  Untuk mencatat saldo awal akun yang dimiliki Mutiara Furniture lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
Ø  Klik menu Setup > Balance > Account Opening Balances
Ø  Anda masukkan saldo masing-masing akun. Misalnya saldo awal kas, tekan Enter
Ø  Lanjutkan dengan akun-akun yang lain. Untuk akun kelompok aktiva yang bersaldo kredit seperti Akum. Penyusutan Peralatan tambahkan tanda min (-) diawal angka
Ø  Masukan saldo awal akun kelompok Liability (Hutang) dan Equity (Modal)
Ø  Pada baris Amount left to be allocated akan terisi dengan Rp. 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada selisih antara aktiva dan pasiva, saldo awal akun bernilai seimbang.
Ø  Klik Ok untuk menutup jendela Account Opening Balance

2.      Saldo Awal Custumer
Ø  Klik menu Setup > Balances > Custumer Balances
Ø  Pilih custumer Toko Sanjaya lalu klik tombol Add Sale
Ø  Tekan tombol Tab hingga pada kolom Date
Ø  Tekan Tab kembali, pada kolom Total Including Tax masukan saldo awalnya
Ø  Klik tanda panah Tax Code lalu ubah kode pajaknya menjadi N-T
Ø  Klik tombol Record
Ø  Untuk mencatat saldo custumer selanjutnya klik tombol panah Custumer Detail. Pilih nama custumer lalu klik Use Custumer
Ø  Ulangi untuk mencatat saldo awal custumer lainnya. Klik close untuk untuk menutup jendela Custumer Balances

3.      Saldo Awal Supplier
Ø  Klik menu Setup > Balances > Supplier Balances
Ø  Pilih supplier PT. Olympia lalu klik Add Purchase
Ø  Tekan Tab sampai pada kolom Date lalu ubah tanggalnya
Ø  Tekan Tab kembali, pada kolom Total Including tax masukkan saldo hutangnya
Ø  Klik tanda panah Tax Code ubah N-T
Ø  Klik tombol Record
Ø  Klik tanda panah Supplier Detail untuk memilih supplier berikutnya
Ø  Pastikan baris Out of Balances Amount bernilai Rp. 0,00. Klik close untuk menutup jendela Supplier Balances

4.      Mencatat Saldo Awal Persediaan
Ø  Dari dalam modul Inventory, klik Adjust Inventory
Ø  Untuk membuat methode persediaan barang dagangan (LIFO/FIFO/Average) dari menu Inventory, klik set item price pilih last code seperti dibawah ini
Ø  Pada kolom Date ketik tanggal , tekan Tab lalu ketik Persediaan awal barang pada kolom memo
Ø  Tekan Tab dua kali, jendela Select from list ditampilkan, pilih nama barang Lemari lalu klik Use Item.
Ø  Pada kolom Quantity, masukkan stock awal . Tekan Tab, pada kolom Unit Cost ketik harga beli (penulisan tanpa Rp dan tanpa titik).
Ø  Tekan Tab, kolom Amount otomatis terisi dengan total persediaan
Ø  Klik record

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.