Setelah pembuatan data perusahaan selesai, maka akan tampil menu utama Myob Accounting 18 atau Command Center. Berikut ini uraian singkat tentang area dan fungsi dari Command center.
1. Baris Menu
Berisi menu-menu yang berfungsi untuk mengakses perintah-perintah pada Myob yaitu File,Edit, List, Command Centres, setup, dll.
2. Baris Judul
Menampilkan nama file yang sedang aktif, misalnya : Mutiara Furniture-Command Centre
3. Nama Modul dan Help
Menampilkan nama modul yang terpilih, misalnya ACCOUNT, dan simbol tanda tanya ( ? ) merupakan tombol Help atau bantuan yang akan menghubungkan Anda dengan jendela Myob Help.
4. Modul
Terdiri dari 6 modul yang berfungsi untuk mencatat seluruh kegiatan dan transaksi-transaksi perusahaan.
5. Command Button
Adalah bagan arus (flowchart) yang berisi menu-menu dari setiap fungsi atau modul.
Ø Accounts
Menyediakan fitur :
a. Account List (untuk mancatat daftar akun),
b. Record Journal Entry (untuk mencatat jurnal ransaksi),
c. Company Data Auditor (untuk mendeteksi adanya kemungkinan kesalahan saldo antara buku besar umum dengan buku besar pembantu),
d. Transaction Journal (untuk menampilkan jurnal transaksi),dll
Ø Banking,
Menyediakan fitur :
Spend Money, Receive Money, Prepare Bank Deposit, Bank Register, Reconcile Account, Print Cheque.
Ø Sales
Menyediakan fitur Sales Quote, Order, Invoice, Sales Return, Receive Payment, Print Invoice, Print Statement.
Ø Purchases
Menyediakan fitur Purchase Quote, Order, Bill, Purchase Return, Pay Bill, Print Purchase Order, Print Cheque.
Ø Inventory
Menyediakan fitur Item Register, Item List, Set Item Price, Count Inventory, Inventory Adjustment, Inventory Transfer, Auto Build Inventory.
Ø Card File
6.
Command Panel
Kumpulan menu yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan
transaksi yang telah di input ke dalam Myob.
Terdiri dari 4 menu pilihan yaitu :
Ø To Do List
Kumpulan daftar perintah untuk transaksi-transaksi yang memerlukan
tindak lanjut seperti pencatatan transaksi berulang.
Ø Find Transaction
Berfungsi untuk melihat ringkasan transaksi yang telah di input pada
setiap fungsi seperti Account, Card,
Item, Invoice, Bill, Category dan Job.
Ø Reports
Berisi daftar laporan yang tersedia di Myob, seperti laporan lab a
rugi, neraca, ekuitas, inventory dan lain-lain.
Ø Analysis
Option ini digunakan untuk melihat analisis aspek bisnis perusahaan
seperti analisa Assets, Liability, Equity dan analisa laporan lainnya.
Izin copas yah kak
BalasHapusKakak,bisa kasih tau contoh dari fungsi 4 menu pilihan dalam command panel???
BalasHapus